December 30, 2011

Adakah Jalan lain

Ada dua pandangan pasif yang dapat melahirkan hasil seperti ini, serta mendorong dengan kuat dan benar hati-orang-orang yang memiliki ghiroah untuk beramal.
Pertama, bahwa sekalipun jalan ini sangat panjang, namun tidak ada jalan lain untuk membangun kebangkitan dengan benar. Pengalaman telah membuktikan kebenaran teori, “kerjakan kewajiban terlebih dahulu”
Kedua bahwa seorang pekerja harus bekerja untuk menunaikan kewajibannya terlebih dahulu, kemudian baru mengharap upah, dan yang ketiga mengharap manfaat. Karena itu, apabila ia telah bekerja, berarti ia telah menunaikan kewajiban,. Setelah itu ia pasti ia akan mendapat balasan dari Allah swt, jika syarat-syaratnya terpenuhi. Tinggal manfaat, ia adalah urusan Allah swt. Terkadang sebuha peluang datang secara tidak terduga, sehingga amal yang dilakukannya mendatangkan buah yang paling barakah. Sementara jika ia tidak beramal, maka ia medapat dosa pengabaian (kewajiban), kehilangan pahala jihad, dan terhalang mendapatkan manfaat (hasil), jadi, manakah diantara kedua golongan itu yang terbaik kedudukan dan perkumpulannya?
Al-qur’anul karim telah memberikan isyarat dengan jelas tentang hal itu dalam ayat yang mulia,
“dan (ingatlah) ketika suatu umat diantara mereka berkata, “ mengapa kamu menasihati kaum yang Allah akan membinasakan mereka atau mengazab mereka dengan azab yang amat keras?”
Mereka menjawab, “Agar kami mempunyai alasan (pelepas tanggung jawab0 kepada Tuhanmua, dan supaya mereka bertakwa?” Maka tatkala mereka melupakan apa yang diperingatkan kepada mereka, kami selamatkan orang-orang yang melarang dari perbuatan jahat dan kami timpalkan kepada orang-orang yang zalim siksaan yang keras, disebabkan mereka selalu berbuat fasik.” (Al-A’raf : 164-165) 

Ma'had Al-Kautsar

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar: