September 19, 2016

Taujih KH. Umung Anwar Sanusi, Lc pada kesempatan acara Reuni AlumniMa'had Al-Kautsar Banjar pada tanggal 13 Juli 2016.


Taujih KH. Umung Anwar Sanusi, Lc pada kesempatan acara Reuni AlumniMa'had Al-Kautsar Banjar pada tanggal 13 Juli 2016.
Berikut ringkasannya...
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: المؤمن القوي خيرٌ وأحب إلى الله من المؤمن الضعيف...
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " الْمُؤْمِنُ الَّذِي يُخَالِطُ النَّاسَ وَيَصْبِرُ عَلَى أَذَاهُمْ ، خَيْرٌ مِنَ الْمُؤْمِنِ الَّذِي لا يُخَالِطُ النَّاسَ ، وَلا يَصْبِرُ عَلَى أَذَاهُمْ "
Ada 5 kekuatan yang harus anda bangun dalam hidup, 5 kekuatan ini yang menjadi milik kita.
1. Quwwatul Qalbi (قوة القلب) dan Quwwatul Iman (قوة الإيمان)
Ketahanan jiwa, ketahanan mental. Dan Jiwa ini akan kuat, akan kokoh manakalah hati kita tidak pernah jauh dari Allah. Quwwatul Qalbi dengan Quwwatul Iman. Jangan sampai iman melemah, jangan sampai hati jauh dari Allah, hati senantiasa dekat dengan Allah. Maka berbagai wassail/ sarana dalam bentuk ibadah yang dulu di sini (alkautsar) laksanakan mulai Qiyamullail, baca Al-Qur'an, Dsb. itu adalah wasaail dalam rangka Quwwatul Qalbi, ketahanan mental, ketahanan jiwa, kekuatan iman. Dimanapun antum berada, nilai-nilai iman harus menonjol. Jangan pernah dalam hati merasa Aku lebih hebat, aku istimewa. Kuatkanlah Quwwatul Qalbi, Quwwatul Iman kita.
2. Quwwatun Nafsi (قوة النفس)
Ketahanan nafsu, nafsu yang menyeret dari ammaratun bissu'. Nafsyu yang selalu membelokan dari jalan Allah, yang selalu menjauhkan dari Allah. Maka belajarlah mengendalikan nafsu!
3. Quwwatul 'Aqli (قوة العقل)
Kecerdasan intelektual. Akang minta rajin membaca, rajin belajar, rajin talaqqi ilmu kepada oranglain, kepada ulama. Jangan malu, jangan pernah merasa saya sudah punya ilmu. Kita masih butuh ilmu, baik secara formal maupun non-formal. Umar berkata "Didik anak-anak kalian, karena mereka akan hidup dimasa yang tidak sama dengan orang tuanya."
Antum akan menghadapi tantangan yang lebih serius, lebih rumit, lebih berat. Masa-masa kedepan bukan semakin baik, tapi semakin rusak. Karena tantangan yang lebih berat ini tidak hanya ingat masa depan hidup didunia tapi ingat masa depan akhirat, ingat kematian. Karena kita sudah masuk dimasa yang sangat-sangat rusak. Rasul pernah bersabda cepatlah ingat mati karena sudah muncul 6 hal; (1) pemimpin-pemimpin yang bodoh/ tidak punya kapasitas, (2) terlalu banyak tanda-tanda kiamat, kemaksiatan merjalela dimana-mana, (3) jual beli hukum, (4) pembunuhan terjadi dimana-mana, (5) terputusnya komunikasi silaturahim, (6) Ada satu generasi/komunitas menjadikan al-Qur'an sebagai nyanyian. Jika 6 macam ini sudah tampak itu tanda Alam sudah rusak. oleh karenanya antum harus pintar, harus cerdas, kuasai ilmu, jangan tanggung, kejar sampai Doktor...
4. Quwwatur Rusyd (قوة الرشد)
Tingkat kedewasaan dalam berfikir, bertindak, berbuat, berkomunikasi. Pandailah membangun jaringan komunikasi. Keberhasilan itu dengan membangun komunikasi. Dalam islam dikenal dengan 'Silaturahim'. Jangan mengurung diri, ekslusif, tapi pandailah bergaul.
5. Quwwatul Jasad (قوة الجسد)
Ketahanan fisik. Disiplin dalam bekerja, jangan membiasakan kerja dimalam hari, jangan kurang tidur dan disiplinlah dalam makan.
واعدوا لهم مستطعتم من قوة...
Demikian poin-poin penting yang disampaikan KH. Umung Anwar Sanusi, Lc pada kesempatan Reuni akbar pada bulan syawwal 1437 H, Insyaa Allah transkrip lengkap dan video mudah-mudahan bisa di upload... semoga bermanfa'at.
Selamat pagi dan selamat beraktifitas...

Sumber : Fb Aceng Anwar Nuhalim

Ma'had Al-Kautsar

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.