April 21, 2013

PPM Al-Kautsar Banjar Dinanti Masyarakat


Radar Banjar-Kegiatan program Praktek Pengenalan Masyarakat (PPM) ke-3 Pesantren Al-Kautsar Banjar ditutup di Pendopo Desa Langensari, Sabtu (20/4). Masyarakatpun memandang kegiatan PPM ini sangat bermanfaat sehingga mereka mengharapkan kegiatan serupa dapat digelar diwaktu mendatang.

“kegiatan yang dilaksanakan santri Al-Kautsar sangat bermanfaat. Meskipun hanya dua minggu, tetapi banyak ilmu yang didapatkan, khususnya memberikan pengajaran kepada anak-anak,” ungkap Rosadi, perwakilan tokoh masyarakat Langesari dalam sambutannya dalam acara tersebut.

Dalam kegiatan PPM ini, terang dia, para santri baru SMA/MA Al-Kautsar terjun kangsung ke masyarakat di daerah Langesari.”Semoga tahun depan bisa melakukan program yang sama disini,” harapnya.

Sementara Arif Cahyana, Lc, pimpinan pesantren Al-Kautsar menjelaskan, program PPM ini adalah ketiga kalinya dilaksanakan. Siswa atau santrnya disebar dibeberapa lokasi. Untuk santri putra di daerah Langensari, Waringinsari dan Rejasari. Sedangkan santri putri ke daerah Batulawang, Sukamukti dan Karyamukti Kecamatan Pataruman.

“Mereka disebar untuk aplikasikan ilmu. Disampaikan kepada masyarakat, kegiatan keagamaan MDA, majelis taklim, bakti sosial,” terang ustad lulusan Universitas Al-Azhar, Qairo, Mesir Tahun 2008 itu.

Meskipun kegiatannya hanya berlangsung dua minggu, dia berharapa pasra santrinya mampu mengenalkan Al-Kautsar kepada masyarakat. Karena hingga kini masih sedikit santrinya yang berasal dari Kota Banjar. Yaitu hanya sekitar 10 persen dari total 190 santri MA Al-Kautsar.

Kegiatan ini, lanjut Arif, juga melatih para santri mengaplikasikan ilmunya. Sehingga setelah mereka lulus  bisa langsung terjun ke masyarakat agar berkontribusi mewujudkan masyarakat islami. ‘
Sementara acara ini dimeriahkan dengan tabligh akbar yang disampaikan muballigh KH. Umung Anwar Sanusi, Lc, pengasuh Pondok Pesantren Al-Kautsar. (zi)  

Ma'had Al-Kautsar

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.